Analisis Kesalahan Berbahasa 2

Kamis, 10 Maret 2011

Nama : Jesika
NPM : 10208679
Kelas : 3EA10
 
ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA
YMCK
Sumber Forum Final Fantasy Crystalesia


Y.M.C.K.
Pernah dengar grup musik yang satu ini? Di Indonesia mungkin nama mereka masih kedengaran asing. Tapi di kancah musik internasional, YMCK termasuk grup yang dikagumi banyak orang lho. Bahkan mereka pernah mengadakan tour ke mancanegara, antara lain Taiwan, New York, Belanda, hingga Washington. Lagu mereka juga sempat dipakai untuk iklan Pocari Sweat dan sempat diputar di TV Indo. Kok bisa sih? Maklum ternyata grup ini unik banget, karena menggunakan aliran musik berupa chiptune dengan nuansa kental lagu-lagu game lawas di era Nintendo 8-bit.

Sekedar informasi, Chiptune adalah jenis musik di komputer-komputer lawas dan game 8-bit yang bunyinya masih tulat-tulit itu. Jadi kalau mau dibayangkan, musik aliran mereka adalah musik ala game-game 8-bit seperti Super Mario Bros atau Final Fantasy klasik di Nintendo. Aneh kan? Namun justru disitulah letak kekuatan grup musik yang hanya terdiri dari 3 orang ini. Mereka adalah Midori (vocal), Yokemura (Lirik & Aransemen) dan Nakamura (musik & animasi). Hebatnya lagi 3 personilnya bukanlah musisi lho. Rata-rata profesi mereka adalah pegawai kantoran biasa yang memang punya satu visi, yaitu membangkitkan lagi kenangan musik-musik game lawas.

Grup musik YMCK sendiri sudah terbentuk lumayan lama, yaitu tahun 2003. Nama grup ini diambil dari kependekan warna Yellow, Magenta, Cyan, dan Key (black). Entah apa maksud dari nama tersebut, namun tampaknya YMCK sekedar ingin menunjukkan bahwa dengan warna-warna lemah pun dapat menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Begitu juga dengan aliran chiptune ini. Mungkin di awal tahun 2000 lalu musik semacam ini dicap lemah dan ketinggalan jaman, bahkan dianggap sampahh. Namun dengan sedikit sentuhan dan kreasi, kenyataannya musik ini menjadi memiliki daya jual yang tinggi di masa kini.

Tak hanya musiknya yang beraliran 8-bit, tapi bahkan klip mereka pun mirip game 8-bit lho. Coba deh perhatikan video klipnya di MTV maupun internet, pasti kamu akan merasa seperti melihat game Nintendo atau Atari jaman dahulu, lengkap dengan warna-warna dan kotak-kotak pixelnya yang mencolok.

Begitu juga dengan cover album mereka. Kalau diperhatikan mirip sekali dengan cover game jaman dulu. Judul-judul album mereka juga berbau sangat "game klasik", misalnya album pertama mereka judulnya "Family Genesis". Kata "Family" tampaknya terinspirasi dari console Famicom (Family Computer, nama console NES di Jepang) buatan Nintendo, sementara Genesis juga dipakai oleh SEGA untuk salah satu nama mesin console lawasnya: Sega Genesis.

Analisis Kesalahan
·         “Pernah dengar grup musik yang satu ini? Di Indonesia mungkin nama mereka masih kedengaran asing”.

Kalimat diatas dapat diganti dengan :
“Pernah mendengar grup music yang satu ini? Di Indonesia mungkin nama mereka masih terdengar asing”.

·         Tapi di kancah musik internasional, YMCK termasuk grup yang dikagumi banyak orang lho”.

Kalimat diatas dapat diganti dengan :
“Tetapi, di kancah music internasional, YMCK termasuk grup yang dikagumi banyak orang loh”.

·         Lagu mereka juga sempat dipakai untuk iklan Pocari Sweat dan sempat diputar di TV Indo”.

Kalimat diatas dapat diganti dengan :
“Lagu mereka juga pernah dipakai untuk iklan Pocari Sweat dan diputar di TV Indonesia”.

·         “Namun justru disitulah letak kekuatan grup musik yang hanya terdiri dari 3 orang ini”.

Kalimat diatas dapat diganti dengan :
“Namun, justru disitulah letak kekuatan grup music yang hanya terdiri dari 3 orang ini”.

·         “namun tampaknya YMCK sekedar ingin menunjukkan bahwa dengan warna-warna lemah pun dapat menghasilkan sesuatu yang luar biasa.”

Kalimat diatas dapat diganti dengan :
“namun, tampaknya YMCK hanya ingin menunjukkan bahwa, dengan warna-warna lemah pun dapat menghasilkan sesuatu yang luar biasa”.

·         Tak hanya musiknya yang beraliran 8-bit, tapi bahkan klip mereka pun mirip game 8-bit lho”.

Kalimat diatas dapat diganti dengan :
“Tidak hanya musiknya yang beraliran 8-bit, bahkan klip mereka pun mirip dengan game 8-bit loh”.



0 komentar:

Posting Komentar

 
© METODE RISET | Designed by Blogger Templates.